Beta Pung Cerita Ni

betapungcerita01

Senyum yang kembali hadir.

thumbs-up2Di tengah siang hari yang sangat terik, di tengah sekumpulan anak sekolah berseragam putih dan abu saat ini saya berdiri, dalam sebuah acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh teman-teman Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi a.k.a PLI. Saya melihat semangat, ketulusan, keikhlasan dan yang utama adalah kegembiraan dari teman-teman PLI, sudah cukup lama saya tidak melihat kegembiraan seperti itu sepanjang saya bertugas disini. Ya benar sekali mereka sangat bergembira dalam menjalankan tugas yang diembannya. Padahal saya tahu sendiri persiapan mereka tadi malam seperti apa, raut muka lelah seolah hilang digantikan senyuman yang tiada henti. Senyum yang selama ini saya cari ternyata ada disini, didepan mata saya saat ini. Senyum yang bisa membuat semua orang ikut tersenyum, sungguh beruntung saya saat ini bisa tersenyum seperti halnya mereka tersenyum.

Dengan mengusung tema tugas dan fungsi DJBC, acara dikemas sangat simpleĀ  dengan banyak metode penyampaian materi yaitu melalui pemaparan langsung oleh Kepala KPPBC TMP B Atambua dan Kasi PLI, powerpoint, video, kanal YouTube, music serta diselingi pembagian doorprize. Kebanyakan peserta adalah siswa kelas 12 dari SMAK Suria Atambau beserta jajaran gurunya, dari mereka kami bisa mengetahui bahwa Bea dan Cukai belum seterkenal aparat pemerintah lainnya seperti TNI dan Polri. Padahal secara tupoksi, Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina berada di garis terdepan dari perbatasan RI-RDTL. HalĀ  yang seperti itulah yang memacu kami untuk bekerja keras memperkenalkan tugas dan fungsi DJBC kepada masyarakat luas. Kenapa kami menyasar Sekolah Menengah Atas? Jawabannya sangat mudah untuk daerah Atambua memang belum ada Perguruan Tinggi sehingga kami hanya dapat melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, dan yang paling utama adalah karena dari anak-anak sekolah ini kami bisa mendapatkan gambaran secara jujur dan lugu mengenai instansi kami yang tercinta.

Beruntungnya kami adalah ada salah satu lulusan alumni dari SMAK Suria ini yang menjadi pegawai KPPBC TMP B Atambua, sehingga mempermudah interaksi kami dengan para peserta sosialisasi. Acara berlangsung sampai dengan pukul 13.30 dan ditutup dengan penyerahan plakat secara simbolis oleh Kepala KPPBC TMP B Atambua kepada Wakil Kepala SMAK Suria Atambua. Kamipun merasa bahagia karena acara ini terselenggara dengan baik dan sukses, dan kami bisa kembali tersenyum dengan bangga. Itulah salah satu kegiatan yang bisa kami persembahkan kepada organisasi ini dan masih banyak yang akan kami persembahkan sebagai bakti kami kepada negeri tercinta ini. Salam perbatasan dan terus berkarya kawan.

======================================================================================

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]