Lindungi Kebutuhan Pokok Masyarakat Perbatasan, Bea Cukai Atambua Gagalkan Penyelundupan Ekspor Minyak Goreng dan Kopi Instan

Published by PLI BC ATAMBUA on

Bea Cukai atambua berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ekspor 738 karton minyak goreng dan 129 karton kopi instan sachet yang akan dikirim ke Timor Leste melalui PLBN Motamasin, Selasa (15/01/2019). Minyak goreng dan kopi instan sachet tersebut merupakan milik CV. JR, UD. NMJ, dan UD. CS yang akan diekspor ke Timor Leste tanpa adanya PEB (pemberitahuan ekspor barang).

Keberhasilan penyelundupan bermula dari informasi intelijen yang memberikan atensi khusus terhadap pengiriman ekspor barang yang dilakukan oleh CV. JR, UD. NMJ, dan UD. CS. Ada indikasi kuat bahwa truk yang mereka gunakan memuat barang selain barang yang diberitahukan dalam PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang). Dengan informasi tersebut terhadap truk dilakukan pemeriksaan mendalam saat masuk ke dalam kawasan PLBN Motamasin. Hasil pemeriksaan ditemukan minyak goreng dan kopi instan sachet yang tidak diberitahukan dalam PEB. Terhadap barang bukti tersebut kemudian dilakukan pencacahan dan penyitaan, lalu dibawa ke Kantor Bea Cukai Atambua untuk diproses lebih lanjut.

Terhadap kegiatan penyelundupan ekspor tersebut dapat diancam dengan hukuman pidana karena melanggar ketentuan undang-undang Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 17 tahun 2006.

Categories: Info Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]