Kantor Bantu Pelayanan Bea dan Cukai Napan

Published by PDAD on

napan

Napan adalah sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Bikomi Utara,Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timu – Indonesia. Napan merupakan salah satu desa di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Sebagai salah satu pintu masuk Negara RI dan Timor Leste khususnya District Oecusse, Desa Napan Kecamatan Bikomi Utara Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu desa yang memiliki tanggungjawab ‘tambahan’ dalam hal mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Desa Napan berada di Kecamatan Bikomi Utara, sekitar 23 kilometer dari pusat kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Sebagian besar penduduknya mencari nafkah dari bertani dan beternak. Sebagai desa yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, warga Napan kerap masuk ke Wilayah Negara district Oecusse. Karena pada dasarnya mereka semua bersaudara hanya dikarenakan dibatasi oleh perbatasan kedua negara.

Dalam kepercayaan warga Desa Napan, alam merupakan warisan leluhur yang harus dijaga kelestariannya. Setelah panen, dua warga negara itu saling mengunjungi. Mereka membawa sejumlah hasil panen untuk disumbangkan ke lumbung rumah adat. Tradisi itu adalah bentuk syukur terhadap hasil panen yang diperoleh. Harapannya, hasil panen bisa lebih baik di kemudian hari. Disamping itu banyak kegiatan adat yang sering dilaksanakan melibatkan kedua warga negara tersebut. Untuk itu harus ada kebijakan yang bisa mengakomodir kegiatan warga desa sekitar perbatasan kedua negara.

Salah satu fasilitas yang diberikan oleh KPPBC TMP B Atambua adalah Kartu Identitas Lintas Batas (KILB), yang bisa digunakan oleh warga Napan untuk melintas ke Timor Leste tanpa dibebani pembayaran pajak sesuai dengan persyaratan yang berlaku.Total 167 KILB yang telah diterbitkan oleh KPPBC TMP B Atambua untuk masyarakat desa Napan. Masyarakat sendiri sering menggunakan KILB ini untuk kegiatan sehari hari, dikarenakan sangat membantu dan mempermudah mereka dalam melaksanakan kegiatannya. Disamping itu kegiatan ekspor yang melalui KBPBC Napan juga cukup banyak, dimana rata rata tiap bulan dokumen Penyelesaian Ekspor Barang (PEB) mencapai 50 dokumen. Kefamenanu sebagai pusat kota dari Kabupaten Timor Tengah Utara menjadi pusat kegiatan perekonomian yang menjadi daya tarik dari warga negara Timor Leste melakukan kegiatannya. Sehingga banyak warga yang sering melintas melalui KBPBC Napan menuju Kefamenanu.

 

Categories: KBPBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]