Talkshow Bersama RRI Atambua: Peran Bea Cukai Dikala Pandemi

Published by PLI BC ATAMBUA on

Bea Cukai Atambua melaksanakan talkshow radio pada Kamis, 19 Agustus 2021 di Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua.Dalam talkshow tersebut, dibahas mengenai Peran Bea Cukai dikala pandemi khususnya di Bea Cukai Atambua.

Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I, Husen Alisugi, selaku narasumber menyampaikan bahwa terdapat beberapa kategori barang yang diberikan fasilitas pembebasan bea masuk dan/ atau cukai; tidak dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah; dan dibebaskan dari pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22,
Barang tersebut antara lain Test Kit dan Reagent Laboratorium, termasuk di dalamnya yaitu PCR Test, Virus Transfer Media, merupakan media kultur olahan untuk SWAB Test, Obat, meliputi obat-obat yang dibutuhkan untuk penanganan COVID-19. Beberapa obat tersebut yaitu Favipiravir, Oseltamivir, Remdesivir, Insulin, Peralatan medis dan kemasan oksigen, meliputi Oksigen beserta tabungnya, Isotank, Termometer, Alat terapi pernafasan (ex: Oxygen Ventilator), Alcohol SWAB, PCR Test, dan inkubator bayi, serta Alat Pelindung Diri (APD), berupa masker.

Pelaksana pada Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Luthfi Afif Fauzi Juga menambahkan Vaksin untuk penanggulangan pandemic COVID-19 diberikan fasilitas pembebasan bea masuk dan/ atau cukai; tidak dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah; dan dibebaskan dari pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22. Selain itu, untuk importasi vaksin diberikan juga fasilitas Rush Handling atau pelayanan segera. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 74/PMK.04/2021 tentang Pengeluaran Barang Impor untuk Dipakai dengan Pelayanan Segera (Rush Handling). Hal tersebut dikarenakan Vaksin bersifat peka waktu.

Talkshow kali ini adalah upaya yang dilakukan oleh Bea Cukai Atambua untuk mengedukasi masyarakat perihal informasi terkini terkait Kepabeanan dan Cukai

#BeaCukaiMakinBaik
#TerdepanTerbaik

ft: AA
ar: AA

Categories: Info Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]