Menerobos Batas Perbedaan, Bea Cukai Atambua Belajar Adat Budaya Duarato

Published by PLI BC ATAMBUA on

Dari Sabang sampai Merauke,
dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote.
Seluas itulah pulau nusantara terbentang.
Keragaman adat istiadat dan budaya yang berada di dalamnya, mengajarkan kita untuk senantiasa menerima perbedaan menjadi satu kesatuan Indonesia. Tak hanya itu, toleransi yang sudah tertanam sejak kecil pun membuat kita terbiasa untuk menerima dan mempelajari budaya yang lain.

Untuk lebih mendalami pemahaman akan adat istiadat dan budaya lokal masyarakat perbatasan, Bea Cukai Atambua menyelenggarakan kegiatan Training Retraining yang bertajuk “Menggali Nilai Budaya Menuju Insan Bea Cukai yang Terdepan dan Terbaik”. Dalam kegiatan ini Bea Cukai Atambua berkunjung dan belajar adat budaya di Kampung Adat Duarato, Kecamatan Lamaknen, Belu, pada Sabtu (3/10/2020).

Kedatangan Bea Cukai Atambua di Kampung Adat Duarato disambut dengan tarian likurai dan disuguhi sirih pinang “lok rato”. Kemudian dilanjutkan dengan ritual adat sebagai pemberitahuan kepada leluhur tentang kedatangan rombongan ke Kampung Adat Duarato.

Hadir dalam penyambutan terhadap rombongan Bea Cukai Atambua antara lain Ama Na’i Duarato, Yosef Mau Leon; Camat Lamaknen, Hironimus Mau Luma, S.Pd., M.M.; Kepala Desa Duarato, Gregorius Mau Bere; dan Vetor Duarato, Marselinus Tes Mau.

Dalam rangkaian acara, Bea Cukai Atambua diberikan penjelasan mengenai sejarah, adat istiadat, budaya, kuliner khas daerah, serta arsitektur rumah adat beserta filosofinya.

Selain itu dijelaskan pula mengenai struktur lembaga adat di Duarato yang terdiri dari Nai sebagai raja, Vetor, Rato, Kabu/Marenu, dan Renu. Semuanya memiliki tugas, kewajiban, dan kewenangan masing-masing dalam pelaksanaan hukum adat.

Dengan adanya kegiatan ini semakin menambah wawasan para pegawai Bea Cukai Atambua mengenai adat budaya masyarakat perbatasan, sehingga diharapkan para pegawai lebih dapat membaur dan menyatu dengan masyarakat dalam keragaman Bhineka Tunggal Ika.

#BeaCukaiMakinBaik
#TerdepanTerbaik

Categories: Info Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]