Bea Cukai Atambua Jalin Sinergi Patroli Laut Bersama Polairud dan Posal

Published by PLI BC ATAMBUA on

Indonesia merupakan negara maritim dengan wilayah lautan yang sangat luas. Batas wilayah negara yang mayoritasnya berada di lautan, jalur laut sangat rawan menjadi pintu masuk penyelundupan barang impor ke Indonesia.

Dalam rangka patroli fiskal mengamankan hak-hak negara dan menjaga perbatasan Indonesia dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya bagi masyarakat, Bea Cukai Atambua melaksanakan operasi patroli laut bersama dengan Polairud Polda NTT, Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Atapupu, serta didukung Kapal BKO Patroli Bea Cukai Jaring Wallacea pada tanggal 21-28 September 2020 di Perairan Motaain.

Wilayah laut yang luas dan cuaca ekstrim yang sering terjadi di perbatasan laut Indonesia – Timor Leste menjadi tantangan bagi Bea Cukai Atambua dalam melaksanakan pengawasan laut. Sinergi dengan Polairud dan Posal dalam patroli laut penting untuk dilakukan agar pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai Atambua dapat optimal. Sinergi ini juga sejalan dengan langkah Direkorat Jenderal Bea dan Cukai yang senantiasa menjalin kerja sama dengan Polri maupun TNI dalam kegiatan pengawasan.

Untuk memperkuat sinergi dengan Polri, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Baharkam Polri). Kerja sama tertuang dalam perjanjian peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

Sementara itu untuk sinergi dengan TNI telah diperkuat adanya Nota Kesepemahaman antara Menteri Keuangan dengan Panglima TNI tentang Kerja Sama dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kementerian Keuangan dengan TNI. Ruang Lingkup kerja sama ini antara lain meliputi penegakan hukum di bidang kemaritiman dan kedirgantaraan.

Adanya penandatanganan kerja sama tersebut semakin mendorong Bea Cukai Atambua untuk memperkuat sinergi dalam kegiatan patroli laut. Diharapkan sinergi dapat terjalin erat serta berkesinambungan, sehingga fungsi Bea Cukai sebagai community protector dapat terlaksana dengan optimal.

#InfoBatas
#BeaCukaiMakinBaik
#TerdepanTerbaik

Categories: Info Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]