Mengenal Peran dan Fungsi Utama Bea Cukai melalui Talkshow Radio

Published by PLI BC ATAMBUA on

Untuk memberikan pemahaman dan informasi mengenai Peran dan Fungsi Bea dan Cukai di perbatasan, Rabu (02/09/2020) Bea Cukai Atambua kembali melaksanakan talkshow radio di Pro RRI 1 Atambua.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Syaefudin, menyampaikan informasi mengenai visi, misi, dan fungsi utama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, jenis layanan yang dilakukan Bea Cukai Atambua, serta berbagai capaian pengawasan dan pelayanan di perbatasan selama tahun 2019.

Dijelaskan bahwa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memiliki empat fungsi utama, yaitu: trade facilitator (memfasilitasi perdagangan), industrial assistance (memberikan dukungan kepada industri alam negeri), community protector (melindungi masyarakat dari masuknya barang berbahaya), dan revenue collector (mengoptimalkan penerimaan negara).

Sebagai instansi vertikal di perbatasan, Bea Cukai Atambua memiliki berbagai jenis pelayanan meliputi pelayanan impor, ekspor, impor dan ekspor sementara kendaraan bermotor, penumpang dan pelintas batas.

“Bahwa semua pelayanan kepabeanan dan cukai di Bea Cukai Atambua tidak dipungut biaya apapun“, ucap Syaefudin. Lebih lanjut Syaefudin menyampaikan bahwa saat ini, Bea Cukai Atambua sedang dalam program Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]