Talkshow di RRI Atambua

Published by PLI BC ATAMBUA on

Halo #SobatFronteiraBC!

Atambua (15/06/2020) — Pada masa pandemi COVID-19 saat ini kegiatan edukasi kepada masyarakat melalui media online menjadi pilihan yang efektif untuk mencegah penyebaran virus.

Kamis, 11 Juni 2020, Bea Cukai Atambua melaksanakan talkshow di Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua membahas UU No. 39 Tahun 2007 tentang perubahan atas UU No. 11 Tahun 1995 tentang Cukai.

Cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang yang mempunyai sifat atau karakteristik tertentu, antara lain konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup, atau pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan.

Saat ini ada 3 jenis barang yang dikenakan cukai, yaitu etil alkohol, minuman mengandung etil alkohol, dan hasil tembakau. Peredaran barang kena cukai tersebut yang tidak memenuhi ketentuan dapat dikenakan sanksi administrasi maupun sanksi pidana disesuaikan dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.

Setelah talkshow tentang cukai selesai, dilanjutkan dengan talkshow program “Kelas Inspirasi” yang diadakan oleh RRI Atambua. Talkshow ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada para siswa sekolah dalam meraih cita-cita. Salah satu narasumber dalam talkshow ini adalah pegawai Bea Cukai Atambua alumni PKN STAN yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah naungan Kementerian Keuangan dan salah satu jalur untuk menjadi pegawai Bea dan Cukai.

Kedua talkshow tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan APD dan menerapkan aturan Physical-distancing.

Categories: Info Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]