Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 5 Ton Limbah Plastik Berupa Skrap Galon Air Minum

Published by PDAD on

Atambua — Tim Patroli Laut Bea Cukai Operasi Jaring Wallacea berhasil menggagalkan penyelundupan limbah plastik berupa skrap galon air minum sebanyak kurang lebih 5 Ton Selasa, 8 Oktober 2019 di wilayah selat Ombai, Nusa Tenggara Timur.

Penindakan ini berawal dari informasi mengenai akan adanya pemasukan barang illegal ke wilayah Indonesia, menindaklanjuti hal tersebut kapal patroli BC 30003 segera bergerak dan melakukan pemantauan ke wilayah perairan selat Ombai. Sekitar pukul 01.30 WITA kapal patroli BC 30003 memasuki wilayah selat Ombai, Nusa Tenggara Timur dan mendapati KLM. Berkat Utama berlayar dengan tujuan Kalabahi, Alor. Petugas melakukan pemeriksaan kapal, dokumen kapal dan ditemukan muatan berupa limbah plastik berupa skrap galon air minum dengan tidak dilindungi dokumen kepabeanan.

Untuk keperluan pencacahan dan pemeriksaan barang bukti berupa kurang lebih 5 Ton limbah plastik berupa skrap galon air minum ditarik ke pelabuhan Atapupu. Sedangkan 1 nahkoda serta 6 ABK yang ada saat dilakukan penindakan dibawa ke kantor Bea Cukai Atambua untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Keberhasilan penindakan terhadap penyelundupan limbah plastik berupa skrap galon air minum tersebut merupakan bukti bahwa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tidak akan berkompromi terhadap segala bentuk pelanggaran Perundang-undangan di bidang Kepabeanan dan Cukai untuk mewujudkan Indonesia dan Bea Cukai Makin Baik.

#beacukaimakinbaik
#terdepanterbaik

Categories: Info Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]