Sosialisasi Layanan Ekspor Kelapa Sawit, Crude Palm Oil (CPO), dan Produk turunannya

Published by PLI BC ATAMBUA on

Atambua — Dalam rangka memberikan pemahaman kepada pengguna jasa mengenai ketentuan terbaru di bidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Atambua mengadakan Sosialisasi Layanan Ekspor Kelapa Sawit, Crude Palm Oil (CPO), dan Produk turunannya pada Rabu, 8 Mei 2019. Bertempat di Ruang Aula lt. 2 Bea Cukai Atambua, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I, Anton Wirawan selaku narasumber menyampaikan bahwa Peraturan Menteri Keuangan Nomor 22/PMK.04//2019 tentang Ketentuan Ekspor Kelapa Sawit, CPO, dan Produk turunannya merupakan salah satu simplifikasi prosedur yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terhadap pelayanan ekspor. Anton Wirawan juga menambahkan bahwa simplifikasi yang ditujukan untuk mempermudah pelayanan dan pengawasan tersebut akan mulai diberlakukan 15 Mei 2019 mendatang dengan mengimplementasikan petunjuk pelaksanaan ekspor sesuai dengan Surat Edaran Dirjen BC Nomor SE-03/BC/2019.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai II, I Nengah Budiarta, terkait ekspor kopi yang menjadi salah satu komoditi ekspor terbesar di Bea Cukai Atambua. Pemberian penjelasan ini dilaksanakan guna mengedukasi para eksportir mengenai klasifikasi pos tarif dari komoditi kopi itu sendiri.

Diakhir acara diadakan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan buka bersama antara pegawai Bea Cukai Atambua dan para pengguna jasa.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan informasi mengenai ketentuan terbaru layanan ekspor guna mempermudah pengguna jasa dalam memenuhi kewajiban kepabeanannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: [email protected]